FESTIVAL TEATER REMAJA SE ROKAN HILIR 2017 ( Dewan Kesenian Daerah Kecamatan Bangko ) - KLIKOKE
  • FESTIVAL TEATER REMAJA SE ROKAN HILIR 2017 ( Dewan Kesenian Daerah Kecamatan Bangko )





    KETENTUAN PELAKSANAAN
    FESTIVAL TEATER REMAJA SE ROKAN HILIR 2017

    ( Dewan Kesenian Daerah Kecamatan Bangko )
    A. LATAR BELAKANG
    FESTIVAL TEATER REMAJA SE ROKAN HILIR 2017 lebih menitikberatkan padaw materi teater dengan jenis Drama/Lakon Realis untuk memberikan peluang dan kesempatan kepada seniman pemula dari kalangan pelajar untuk berkreasi dan menggarap naskah drama yang telah ditentukan panitia. 
    B. TEMA
    Tema kegiatan ini adalah Meningkatkan Kreatifitas Dalam Berseni
    C.NAMA KEGIATAN
    Kegiatan ini dinamakan ” Festival Teater Remaja Se Rokan Hilir ”.
    D.WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
    Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 5 hari, yaitu
    Hari                                      :  Sabtu
    Tanggal                              :    04 Februari 2017
    Waktu                                  :    08.00 s/d Selesai
    Tempat                                :    Gedung Nasional Bagansiapiapi
    (jumlah hari pelaksanaan disesuaikan dengan jumlah peserta definitif)
    E.PESERTA DANUmumWAN JURI
    1. Peserta Festival Teater Remaja Se Rokan Hilir 2017 adalah pelajar dan mahasiswa se Kabupaten Rokan Hilir yang mewakili sekolah / perguruan tinggi / Organisasi Seni (masing-masing sekolah/PT/Os mengirim 1 (satu) grup duta teater).
    F.KRITERIA PENILAIAN
    Penyajian 
    ·            Ide garapan
    ·            Tafsir Lakon/Naskah 
    ·            Kreativitas
    ·            Bentuk penyajian :
    - Harmonisasi (kekompakan)
    - Utinity (kesatuan)
    ·            Penampilan (kewajaran, keserasian)
    Keaktoran dan keaktrisan ( Pemeranan )
    ·            Penghayatan
    ·            Tehnik vokal
    ·            Artikulasi (pengucapan)
    Penataan artistic
    ·            Rias (make up) dan Busana
    - Keserasian
    - Kewajaran
    ·            Panggung
    - Penggunaan property
    - Optimalisasi property
    ·            Music Ilustrasi
    - Kreativitas
    - Harmonisasi (dinamika, kekompakan/balancing)
    G.KETENTUAN UMUM LOMBA
    1.Pendaftaran
    a.  Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 200.000,- dan tidak bisa ditarik kembali jika calon peserta mengundurkan diri.
    b.  Peserta dapat mendaftar dengan cara :
          I.                 Online
    * uang pendaftaran dapat di transfer ke No. Rekening :
    BRI Cabang Bagansiapiapi
    -
    Atas nama :
    II.         Penyerahan Langsung
    Di sekretariat Dewan Kesenian Daerah Kecamatan Bangko (Sementara) Jalan SGB Sekretariat Dewan Kesenian Daerah Kabupaten Rokan Hilir, via email : dkdkecamatanbangko@gmail.com , atau Contact Person Panitia : Dika Ruslan (081268709825), Ismail Rachmat (081261780982), Riki (085264178034), Safri Julianto (082385492164)
    c.   Pendaftaran dibuka mulai tanggal 18 November 2016 –  18 Januari 2017 . (panitia tidak mentolerir pendaftaran melewati tanggal yang telah ditetapkan)
    d.   Pada saat mendaftar calon peserta wajib menyerahkan
    Ø  Formulir pendaftaran
    Ø  Judul Naskah
    Ø  Surat delegasi dari sekolah
    Ø  Fotocopy kartu pelajar/mahasiswa bagi setiap pemain
    Ø  Pas foto dengan ukuran 3 x 4 (warna) sebanyak dua lembar bagi setiap pemain
    Ø  Identitas pemain, sutradara, dan crew
    2. Technical Meeting dan Orientasi Panggung
    a.    Peserta wajib mengirim utusan untuk menghadiri technical meeting Pendahuluan(TM - I) dengan membawa copy naskah 4 eksemplar pada Hari Rabu tanggal 31 Januari 2017 pukul 08.00 WIB DiSekretariat Dewan Kesenian Daerah Kabupaaten Rokan Hilir Jalan SGB Bagansiapiapi .
    b.  Undian akan dilaksanakan pada saat technical meeting II Tanggal 01 Februari 2017 di Lokasi Apabila peserta tidak datang pada saat Technical Meeting II, maka jadwal pementasan ditentukan panitia dan tidak dapat diganggu gugat.
    c.    Peserta wajib mengikuti Orientasi panggung pada H – 1 sebelum jadwal tampil sesuai nomor undi. di panggung Gedung Nasional Bagansiapiapi(peserta hanya diperkenankan orientasi panggung 1 (satu) hari sebelum jadwal tampil) mulai jam 08.30 s/d 15.00 WIB.
    e.    Peserta wajib mematuhi hasil dari technical meeting dan mengikuti dengan seksama kegiatan orientasi panggung.
    f.     Jumlah pemain pada setiap grup mengikuti jumlah pemain dalam naskah, dan jika diperlukan diperkenankan menambah maksimal 4 orang pemain di luar jumlah pemain dalam naskah.
    g.    Jika terjadi perubahan/penggantian Judul Naskah yang di daftarkan, maka diperkenankan pada masing-masing grup untuk mengubah/mengganti ;  pada Batas akhir penyerahan naskah dan atau penggantian judul naskah tanggal 01 Februari 2017
    3.Pelaksanaan lomba
    I.        Naskah Bebas, Pilihan Sendiri yang memenuhi criteria kepantasan
    II.       Penyajian Naskah digarap dengan konsep teater bebas
    b.  Naskah dipersiapkan oleh peserta dan diserahkan ke panitia sebanyak 4 rangkap pada saat TM.I s/d paling lambat Tgl. 01 Februari 2017, penggarapan lakon mempertimbangkan unsur kepantasan dan pendidikan.
    c. Durasi pementasan maksimal 60 menit, termasuk setting panggung dan persiapan lainnya.
    4.   Perlombaan, Pengumuman, Penerimaan Trophy, dan Sertifikat
    a. Berdasarkan penilaian, dewan juri akan diambil kategori terbaik, yaitu:
    a.       Pemeran Utama Laki – Laki Terbaik

    b.      Pemeran Utama Perempuan terbaik

    c.       Pemeran Pembantu Terbaik ( I )

    d.      Pemeran Pembantu Terbaik ( II )

    e.       Pemeran Pembantu Terbaik ( III )

    f.       Pemeran Pembantu Terbaik ( IV )

    g.      Sutradara Terbaik

    h.      Composer Terbaik

    i.        Naskah Asli Terbaik

    Penyaji Terbaik ( Juara Umum )berhak membawa Trophy Bergilir Dewan Kesenian Kecamatan Bangko  selama satu tahun
    b. Keputusan Dewan Juri sifatnya mutlak dan dapat dipertanggungjawabkan serta tidak dapat di ganggu gugat.
    c. Pengumuman pemenang dan pemberian hadiah serta sertifikat dilaksanakan pada ceremonial penutupan festival .

    5.Fasilitas
    Panitia menyediakan :
    1.    Fasilitas Pentas/ Panggung
    2.    Fasilitas administrasi
               a. ID Card untuk manager dan pendamping setiap grup
               b. Piagam Penghargaan Peserta untuk setiap juara kategori
               c. Nomor Penampil
    3.    Fasilitas Dokumentasi : Cameraman dan Fotographer
    4.    Setiap Group mendapatkan hasil dokumentasi dalam bentuk DVD audio visual yang telah melalui proses editing.
    5.    Fasilitas Publikasi
    a.             Pers
    b.             Poster Festival
    c.              Spanduk dan Baliho
           d.             Tentative Acara Festival
           e.             Blog ( dkdkecamatanbangko.blogspot.com )
    f.              Facebook ( Dewan Kesenian Kecamatan Bangko )

    H.TATA-TERTIB PELAKSANAAN LOMBA
    a. Peserta dengan nomor undian dua dan seterusnya wajib hadir di tempat festival minimal 20 menit sebelum waktu tampil. Peserta yang belum hadir pada saat pemanggilan nomor undian akan didiskualifikasi.
    b. Peserta didampingi oleh dua orang panitia untuk menuju ruang make-up dan ruang tunggu.
    c. Peserta dilarang meninggalkan ruang tunggu tanpa seijin panitia.
    d. Peserta dilarang menggunakan efek artistik berupa asap .
    e. Pementasan tidak boleh mengandung unsur SARA, pornografi dan pornoaksi, mempertontonkan adegan merokok, serta melewati batas-batas norma kesusilaan.
    f. Panitia tidak bertanggung jawab  atas barang bawaan peserta.
    g. Durasi pementasan selama 45 menit dengan ketentuan:
    Ø  Setting panggung dan peletakan alat musik akan dilakukan peserta dan dibantu panitia.
    Ø  Pada posisi lighting terdapat satu pendamping.
    Ø  Jika pementasan berakhir sebelum waktu yang disediakan panitia, maka pementasan akan dilanjutkan pada nomor undian selanjutnya.
    Ø  Waktu istirahat digunakan untuk membersihkan area pementasan.
    Ø  Pementasan akan dilaksanakan berurutan.
    i.              Hal-hal yang belum tercantum akan diatur dalam technical meeting.
    I.KETENTUAN LAIN-LAIN
    1. Panitia menyediakan fasilitas dokumentasi berbentuk CD film.
    b.      Hal-hal yang belum jelas dapat ditanyakan Di sekretariat Dewan Kesenian Daerah Kecamatan Bangko (Sementara) Jalan SGB Sekretariat Dewan Kesenian Daerah Kabupaten Rokan Hilir, via email : dkdkecamatanbangko@gmail.com , atau Contact Person Panitia : Dika Ruslan (081268709825), Ismail Rachmat (081261780982), Riki (085264178034), Safri Julianto (082385492164)
    kunjungi blog Dewan Kesenian Kecamatan Bangko :
    1. Dewan Juri dan Panitia tidak diperbolehkan terlibat secara langsung dalam proses penyutradaraan, dan melatih dan atau ada tendensi/kepentingan yang berdampak pada penilaian ataupun teknis pelaksanaan lomba .
    K. KETENTUAN KHUSUS DESIGN POSTER FESTIVAL
    a  Peserta diwajibkan mengirim design poster dalam format cdr atau psd pewarnaan bebas. (panitia tidak menerima design dalam format bentuk lain)
    b.    Materi poster berkaitan langsung dengan materi (naskah) yang ditampilkan antara lain judul, karya…, nama grup, sutradara, peñata artistic, peñata music, pemain. serta gambar ilustrasi yang sepantasnya 
    c.    Poster tidak mengandung unsur pornografi, anarki dan atau diluar batas kewajaran
    d.    Ukuran poster 60 x 80 cm, portrait/landscape
    e.    Design poster  wajib dikirim ke panitia paling lambat 2 (dua) minggu sebelum hari pelaksanaan festival atau tanggal 04 Februari 2017.
    f.     Penyerahan design poster dapat melalui email : dkdkecamatanbangko@gmailcom atau langsung diserahkan ke panitia dalam bentuk Soft Copy pada saat TM – II, Tanggal 01 Februari 2017
    g.    Poster akan dicetak oleh panitia dan dipamerkan di front room arena
    h.    Tim Juri  memilih 1 (satu) design poster terbaik
    i.                 Kriteria Penilaian : Originalitas Karya/Ide, Lay Out, Artistik , Makna dan Kesan yang ingin disampaikan.
    j.               Poster yang telah diserahkan akan menjadi hak milik panitia.


    PANITIA PELAKSANA
    “FESTIVAL TEATER REMAJA SE ROKAN HILIR 2017

    Ketua,

    Ttd

    DIKA RUSLAN
    (B. Penelitian & Pengembengan)
    Sekretaris,

    Ttd

    PUTRA ZIKO UTOMO
    (Ketua B. Film)


    Mengetahui,

    Dewan Kesenian Daerah Kecamatan Bangko

    Ttd

    MUHAMMAD ZAIDI
    Ketua Umum

    Dewan Kesenian Daerah Kabupaten Rokan Hilir

    Ttd 

    Dra. Hj. SURYATI
    Ketua Umum
    CAMAT BANGKO

    Ttd


    H. JULIANDA, S.sos
    NIP : 19740715200212006
  • You might also like

Technology

Flickr Images





KETENTUAN PELAKSANAAN
FESTIVAL TEATER REMAJA SE ROKAN HILIR 2017

( Dewan Kesenian Daerah Kecamatan Bangko )
A. LATAR BELAKANG
FESTIVAL TEATER REMAJA SE ROKAN HILIR 2017 lebih menitikberatkan padaw materi teater dengan jenis Drama/Lakon Realis untuk memberikan peluang dan kesempatan kepada seniman pemula dari kalangan pelajar untuk berkreasi dan menggarap naskah drama yang telah ditentukan panitia. 
B. TEMA
Tema kegiatan ini adalah Meningkatkan Kreatifitas Dalam Berseni
C.NAMA KEGIATAN
Kegiatan ini dinamakan ” Festival Teater Remaja Se Rokan Hilir ”.
D.WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 5 hari, yaitu
Hari                                      :  Sabtu
Tanggal                              :    04 Februari 2017
Waktu                                  :    08.00 s/d Selesai
Tempat                                :    Gedung Nasional Bagansiapiapi
(jumlah hari pelaksanaan disesuaikan dengan jumlah peserta definitif)
E.PESERTA DANUmumWAN JURI
1. Peserta Festival Teater Remaja Se Rokan Hilir 2017 adalah pelajar dan mahasiswa se Kabupaten Rokan Hilir yang mewakili sekolah / perguruan tinggi / Organisasi Seni (masing-masing sekolah/PT/Os mengirim 1 (satu) grup duta teater).
F.KRITERIA PENILAIAN
Penyajian 
·            Ide garapan
·            Tafsir Lakon/Naskah 
·            Kreativitas
·            Bentuk penyajian :
- Harmonisasi (kekompakan)
- Utinity (kesatuan)
·            Penampilan (kewajaran, keserasian)
Keaktoran dan keaktrisan ( Pemeranan )
·            Penghayatan
·            Tehnik vokal
·            Artikulasi (pengucapan)
Penataan artistic
·            Rias (make up) dan Busana
- Keserasian
- Kewajaran
·            Panggung
- Penggunaan property
- Optimalisasi property
·            Music Ilustrasi
- Kreativitas
- Harmonisasi (dinamika, kekompakan/balancing)
G.KETENTUAN UMUM LOMBA
1.Pendaftaran
a.  Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 200.000,- dan tidak bisa ditarik kembali jika calon peserta mengundurkan diri.
b.  Peserta dapat mendaftar dengan cara :
      I.                 Online
* uang pendaftaran dapat di transfer ke No. Rekening :
BRI Cabang Bagansiapiapi
-
Atas nama :
II.         Penyerahan Langsung
Di sekretariat Dewan Kesenian Daerah Kecamatan Bangko (Sementara) Jalan SGB Sekretariat Dewan Kesenian Daerah Kabupaten Rokan Hilir, via email : dkdkecamatanbangko@gmail.com , atau Contact Person Panitia : Dika Ruslan (081268709825), Ismail Rachmat (081261780982), Riki (085264178034), Safri Julianto (082385492164)
c.   Pendaftaran dibuka mulai tanggal 18 November 2016 –  18 Januari 2017 . (panitia tidak mentolerir pendaftaran melewati tanggal yang telah ditetapkan)
d.   Pada saat mendaftar calon peserta wajib menyerahkan
Ø  Formulir pendaftaran
Ø  Judul Naskah
Ø  Surat delegasi dari sekolah
Ø  Fotocopy kartu pelajar/mahasiswa bagi setiap pemain
Ø  Pas foto dengan ukuran 3 x 4 (warna) sebanyak dua lembar bagi setiap pemain
Ø  Identitas pemain, sutradara, dan crew
2. Technical Meeting dan Orientasi Panggung
a.    Peserta wajib mengirim utusan untuk menghadiri technical meeting Pendahuluan(TM - I) dengan membawa copy naskah 4 eksemplar pada Hari Rabu tanggal 31 Januari 2017 pukul 08.00 WIB DiSekretariat Dewan Kesenian Daerah Kabupaaten Rokan Hilir Jalan SGB Bagansiapiapi .
b.  Undian akan dilaksanakan pada saat technical meeting II Tanggal 01 Februari 2017 di Lokasi Apabila peserta tidak datang pada saat Technical Meeting II, maka jadwal pementasan ditentukan panitia dan tidak dapat diganggu gugat.
c.    Peserta wajib mengikuti Orientasi panggung pada H – 1 sebelum jadwal tampil sesuai nomor undi. di panggung Gedung Nasional Bagansiapiapi(peserta hanya diperkenankan orientasi panggung 1 (satu) hari sebelum jadwal tampil) mulai jam 08.30 s/d 15.00 WIB.
e.    Peserta wajib mematuhi hasil dari technical meeting dan mengikuti dengan seksama kegiatan orientasi panggung.
f.     Jumlah pemain pada setiap grup mengikuti jumlah pemain dalam naskah, dan jika diperlukan diperkenankan menambah maksimal 4 orang pemain di luar jumlah pemain dalam naskah.
g.    Jika terjadi perubahan/penggantian Judul Naskah yang di daftarkan, maka diperkenankan pada masing-masing grup untuk mengubah/mengganti ;  pada Batas akhir penyerahan naskah dan atau penggantian judul naskah tanggal 01 Februari 2017
3.Pelaksanaan lomba
I.        Naskah Bebas, Pilihan Sendiri yang memenuhi criteria kepantasan
II.       Penyajian Naskah digarap dengan konsep teater bebas
b.  Naskah dipersiapkan oleh peserta dan diserahkan ke panitia sebanyak 4 rangkap pada saat TM.I s/d paling lambat Tgl. 01 Februari 2017, penggarapan lakon mempertimbangkan unsur kepantasan dan pendidikan.
c. Durasi pementasan maksimal 60 menit, termasuk setting panggung dan persiapan lainnya.
4.   Perlombaan, Pengumuman, Penerimaan Trophy, dan Sertifikat
a. Berdasarkan penilaian, dewan juri akan diambil kategori terbaik, yaitu:
a.       Pemeran Utama Laki – Laki Terbaik

b.      Pemeran Utama Perempuan terbaik

c.       Pemeran Pembantu Terbaik ( I )

d.      Pemeran Pembantu Terbaik ( II )

e.       Pemeran Pembantu Terbaik ( III )

f.       Pemeran Pembantu Terbaik ( IV )

g.      Sutradara Terbaik

h.      Composer Terbaik

i.        Naskah Asli Terbaik

Penyaji Terbaik ( Juara Umum )berhak membawa Trophy Bergilir Dewan Kesenian Kecamatan Bangko  selama satu tahun
b. Keputusan Dewan Juri sifatnya mutlak dan dapat dipertanggungjawabkan serta tidak dapat di ganggu gugat.
c. Pengumuman pemenang dan pemberian hadiah serta sertifikat dilaksanakan pada ceremonial penutupan festival .

5.Fasilitas
Panitia menyediakan :
1.    Fasilitas Pentas/ Panggung
2.    Fasilitas administrasi
           a. ID Card untuk manager dan pendamping setiap grup
           b. Piagam Penghargaan Peserta untuk setiap juara kategori
           c. Nomor Penampil
3.    Fasilitas Dokumentasi : Cameraman dan Fotographer
4.    Setiap Group mendapatkan hasil dokumentasi dalam bentuk DVD audio visual yang telah melalui proses editing.
5.    Fasilitas Publikasi
a.             Pers
b.             Poster Festival
c.              Spanduk dan Baliho
       d.             Tentative Acara Festival
       e.             Blog ( dkdkecamatanbangko.blogspot.com )
f.              Facebook ( Dewan Kesenian Kecamatan Bangko )

H.TATA-TERTIB PELAKSANAAN LOMBA
a. Peserta dengan nomor undian dua dan seterusnya wajib hadir di tempat festival minimal 20 menit sebelum waktu tampil. Peserta yang belum hadir pada saat pemanggilan nomor undian akan didiskualifikasi.
b. Peserta didampingi oleh dua orang panitia untuk menuju ruang make-up dan ruang tunggu.
c. Peserta dilarang meninggalkan ruang tunggu tanpa seijin panitia.
d. Peserta dilarang menggunakan efek artistik berupa asap .
e. Pementasan tidak boleh mengandung unsur SARA, pornografi dan pornoaksi, mempertontonkan adegan merokok, serta melewati batas-batas norma kesusilaan.
f. Panitia tidak bertanggung jawab  atas barang bawaan peserta.
g. Durasi pementasan selama 45 menit dengan ketentuan:
Ø  Setting panggung dan peletakan alat musik akan dilakukan peserta dan dibantu panitia.
Ø  Pada posisi lighting terdapat satu pendamping.
Ø  Jika pementasan berakhir sebelum waktu yang disediakan panitia, maka pementasan akan dilanjutkan pada nomor undian selanjutnya.
Ø  Waktu istirahat digunakan untuk membersihkan area pementasan.
Ø  Pementasan akan dilaksanakan berurutan.
i.              Hal-hal yang belum tercantum akan diatur dalam technical meeting.
I.KETENTUAN LAIN-LAIN
  1. Panitia menyediakan fasilitas dokumentasi berbentuk CD film.
b.      Hal-hal yang belum jelas dapat ditanyakan Di sekretariat Dewan Kesenian Daerah Kecamatan Bangko (Sementara) Jalan SGB Sekretariat Dewan Kesenian Daerah Kabupaten Rokan Hilir, via email : dkdkecamatanbangko@gmail.com , atau Contact Person Panitia : Dika Ruslan (081268709825), Ismail Rachmat (081261780982), Riki (085264178034), Safri Julianto (082385492164)
kunjungi blog Dewan Kesenian Kecamatan Bangko :
  1. Dewan Juri dan Panitia tidak diperbolehkan terlibat secara langsung dalam proses penyutradaraan, dan melatih dan atau ada tendensi/kepentingan yang berdampak pada penilaian ataupun teknis pelaksanaan lomba .
K. KETENTUAN KHUSUS DESIGN POSTER FESTIVAL
a  Peserta diwajibkan mengirim design poster dalam format cdr atau psd pewarnaan bebas. (panitia tidak menerima design dalam format bentuk lain)
b.    Materi poster berkaitan langsung dengan materi (naskah) yang ditampilkan antara lain judul, karya…, nama grup, sutradara, peñata artistic, peñata music, pemain. serta gambar ilustrasi yang sepantasnya 
c.    Poster tidak mengandung unsur pornografi, anarki dan atau diluar batas kewajaran
d.    Ukuran poster 60 x 80 cm, portrait/landscape
e.    Design poster  wajib dikirim ke panitia paling lambat 2 (dua) minggu sebelum hari pelaksanaan festival atau tanggal 04 Februari 2017.
f.     Penyerahan design poster dapat melalui email : dkdkecamatanbangko@gmailcom atau langsung diserahkan ke panitia dalam bentuk Soft Copy pada saat TM – II, Tanggal 01 Februari 2017
g.    Poster akan dicetak oleh panitia dan dipamerkan di front room arena
h.    Tim Juri  memilih 1 (satu) design poster terbaik
i.                 Kriteria Penilaian : Originalitas Karya/Ide, Lay Out, Artistik , Makna dan Kesan yang ingin disampaikan.
j.               Poster yang telah diserahkan akan menjadi hak milik panitia.


PANITIA PELAKSANA
“FESTIVAL TEATER REMAJA SE ROKAN HILIR 2017

Ketua,

Ttd

DIKA RUSLAN
(B. Penelitian & Pengembengan)
Sekretaris,

Ttd

PUTRA ZIKO UTOMO
(Ketua B. Film)


Mengetahui,

Dewan Kesenian Daerah Kecamatan Bangko

Ttd

MUHAMMAD ZAIDI
Ketua Umum

Dewan Kesenian Daerah Kabupaten Rokan Hilir

Ttd 

Dra. Hj. SURYATI
Ketua Umum
CAMAT BANGKO

Ttd


H. JULIANDA, S.sos
NIP : 19740715200212006




KETENTUAN PELAKSANAAN
FESTIVAL TEATER REMAJA SE ROKAN HILIR 2017

( Dewan Kesenian Daerah Kecamatan Bangko )
A. LATAR BELAKANG
FESTIVAL TEATER REMAJA SE ROKAN HILIR 2017 lebih menitikberatkan padaw materi teater dengan jenis Drama/Lakon Realis untuk memberikan peluang dan kesempatan kepada seniman pemula dari kalangan pelajar untuk berkreasi dan menggarap naskah drama yang telah ditentukan panitia. 
B. TEMA
Tema kegiatan ini adalah Meningkatkan Kreatifitas Dalam Berseni
C.NAMA KEGIATAN
Kegiatan ini dinamakan ” Festival Teater Remaja Se Rokan Hilir ”.
D.WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 5 hari, yaitu
Hari                                      :  Sabtu
Tanggal                              :    04 Februari 2017
Waktu                                  :    08.00 s/d Selesai
Tempat                                :    Gedung Nasional Bagansiapiapi
(jumlah hari pelaksanaan disesuaikan dengan jumlah peserta definitif)
E.PESERTA DANUmumWAN JURI
1. Peserta Festival Teater Remaja Se Rokan Hilir 2017 adalah pelajar dan mahasiswa se Kabupaten Rokan Hilir yang mewakili sekolah / perguruan tinggi / Organisasi Seni (masing-masing sekolah/PT/Os mengirim 1 (satu) grup duta teater).
F.KRITERIA PENILAIAN
Penyajian 
·            Ide garapan
·            Tafsir Lakon/Naskah 
·            Kreativitas
·            Bentuk penyajian :
- Harmonisasi (kekompakan)
- Utinity (kesatuan)
·            Penampilan (kewajaran, keserasian)
Keaktoran dan keaktrisan ( Pemeranan )
·            Penghayatan
·            Tehnik vokal
·            Artikulasi (pengucapan)
Penataan artistic
·            Rias (make up) dan Busana
- Keserasian
- Kewajaran
·            Panggung
- Penggunaan property
- Optimalisasi property
·            Music Ilustrasi
- Kreativitas
- Harmonisasi (dinamika, kekompakan/balancing)
G.KETENTUAN UMUM LOMBA
1.Pendaftaran
a.  Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 200.000,- dan tidak bisa ditarik kembali jika calon peserta mengundurkan diri.
b.  Peserta dapat mendaftar dengan cara :
      I.                 Online
* uang pendaftaran dapat di transfer ke No. Rekening :
BRI Cabang Bagansiapiapi
-
Atas nama :
II.         Penyerahan Langsung
Di sekretariat Dewan Kesenian Daerah Kecamatan Bangko (Sementara) Jalan SGB Sekretariat Dewan Kesenian Daerah Kabupaten Rokan Hilir, via email : dkdkecamatanbangko@gmail.com , atau Contact Person Panitia : Dika Ruslan (081268709825), Ismail Rachmat (081261780982), Riki (085264178034), Safri Julianto (082385492164)
c.   Pendaftaran dibuka mulai tanggal 18 November 2016 –  18 Januari 2017 . (panitia tidak mentolerir pendaftaran melewati tanggal yang telah ditetapkan)
d.   Pada saat mendaftar calon peserta wajib menyerahkan
Ø  Formulir pendaftaran
Ø  Judul Naskah
Ø  Surat delegasi dari sekolah
Ø  Fotocopy kartu pelajar/mahasiswa bagi setiap pemain
Ø  Pas foto dengan ukuran 3 x 4 (warna) sebanyak dua lembar bagi setiap pemain
Ø  Identitas pemain, sutradara, dan crew
2. Technical Meeting dan Orientasi Panggung
a.    Peserta wajib mengirim utusan untuk menghadiri technical meeting Pendahuluan(TM - I) dengan membawa copy naskah 4 eksemplar pada Hari Rabu tanggal 31 Januari 2017 pukul 08.00 WIB DiSekretariat Dewan Kesenian Daerah Kabupaaten Rokan Hilir Jalan SGB Bagansiapiapi .
b.  Undian akan dilaksanakan pada saat technical meeting II Tanggal 01 Februari 2017 di Lokasi Apabila peserta tidak datang pada saat Technical Meeting II, maka jadwal pementasan ditentukan panitia dan tidak dapat diganggu gugat.
c.    Peserta wajib mengikuti Orientasi panggung pada H – 1 sebelum jadwal tampil sesuai nomor undi. di panggung Gedung Nasional Bagansiapiapi(peserta hanya diperkenankan orientasi panggung 1 (satu) hari sebelum jadwal tampil) mulai jam 08.30 s/d 15.00 WIB.
e.    Peserta wajib mematuhi hasil dari technical meeting dan mengikuti dengan seksama kegiatan orientasi panggung.
f.     Jumlah pemain pada setiap grup mengikuti jumlah pemain dalam naskah, dan jika diperlukan diperkenankan menambah maksimal 4 orang pemain di luar jumlah pemain dalam naskah.
g.    Jika terjadi perubahan/penggantian Judul Naskah yang di daftarkan, maka diperkenankan pada masing-masing grup untuk mengubah/mengganti ;  pada Batas akhir penyerahan naskah dan atau penggantian judul naskah tanggal 01 Februari 2017
3.Pelaksanaan lomba
I.        Naskah Bebas, Pilihan Sendiri yang memenuhi criteria kepantasan
II.       Penyajian Naskah digarap dengan konsep teater bebas
b.  Naskah dipersiapkan oleh peserta dan diserahkan ke panitia sebanyak 4 rangkap pada saat TM.I s/d paling lambat Tgl. 01 Februari 2017, penggarapan lakon mempertimbangkan unsur kepantasan dan pendidikan.
c. Durasi pementasan maksimal 60 menit, termasuk setting panggung dan persiapan lainnya.
4.   Perlombaan, Pengumuman, Penerimaan Trophy, dan Sertifikat
a. Berdasarkan penilaian, dewan juri akan diambil kategori terbaik, yaitu:
a.       Pemeran Utama Laki – Laki Terbaik

b.      Pemeran Utama Perempuan terbaik

c.       Pemeran Pembantu Terbaik ( I )

d.      Pemeran Pembantu Terbaik ( II )

e.       Pemeran Pembantu Terbaik ( III )

f.       Pemeran Pembantu Terbaik ( IV )

g.      Sutradara Terbaik

h.      Composer Terbaik

i.        Naskah Asli Terbaik

Penyaji Terbaik ( Juara Umum )berhak membawa Trophy Bergilir Dewan Kesenian Kecamatan Bangko  selama satu tahun
b. Keputusan Dewan Juri sifatnya mutlak dan dapat dipertanggungjawabkan serta tidak dapat di ganggu gugat.
c. Pengumuman pemenang dan pemberian hadiah serta sertifikat dilaksanakan pada ceremonial penutupan festival .

5.Fasilitas
Panitia menyediakan :
1.    Fasilitas Pentas/ Panggung
2.    Fasilitas administrasi
           a. ID Card untuk manager dan pendamping setiap grup
           b. Piagam Penghargaan Peserta untuk setiap juara kategori
           c. Nomor Penampil
3.    Fasilitas Dokumentasi : Cameraman dan Fotographer
4.    Setiap Group mendapatkan hasil dokumentasi dalam bentuk DVD audio visual yang telah melalui proses editing.
5.    Fasilitas Publikasi
a.             Pers
b.             Poster Festival
c.              Spanduk dan Baliho
       d.             Tentative Acara Festival
       e.             Blog ( dkdkecamatanbangko.blogspot.com )
f.              Facebook ( Dewan Kesenian Kecamatan Bangko )

H.TATA-TERTIB PELAKSANAAN LOMBA
a. Peserta dengan nomor undian dua dan seterusnya wajib hadir di tempat festival minimal 20 menit sebelum waktu tampil. Peserta yang belum hadir pada saat pemanggilan nomor undian akan didiskualifikasi.
b. Peserta didampingi oleh dua orang panitia untuk menuju ruang make-up dan ruang tunggu.
c. Peserta dilarang meninggalkan ruang tunggu tanpa seijin panitia.
d. Peserta dilarang menggunakan efek artistik berupa asap .
e. Pementasan tidak boleh mengandung unsur SARA, pornografi dan pornoaksi, mempertontonkan adegan merokok, serta melewati batas-batas norma kesusilaan.
f. Panitia tidak bertanggung jawab  atas barang bawaan peserta.
g. Durasi pementasan selama 45 menit dengan ketentuan:
Ø  Setting panggung dan peletakan alat musik akan dilakukan peserta dan dibantu panitia.
Ø  Pada posisi lighting terdapat satu pendamping.
Ø  Jika pementasan berakhir sebelum waktu yang disediakan panitia, maka pementasan akan dilanjutkan pada nomor undian selanjutnya.
Ø  Waktu istirahat digunakan untuk membersihkan area pementasan.
Ø  Pementasan akan dilaksanakan berurutan.
i.              Hal-hal yang belum tercantum akan diatur dalam technical meeting.
I.KETENTUAN LAIN-LAIN
  1. Panitia menyediakan fasilitas dokumentasi berbentuk CD film.
b.      Hal-hal yang belum jelas dapat ditanyakan Di sekretariat Dewan Kesenian Daerah Kecamatan Bangko (Sementara) Jalan SGB Sekretariat Dewan Kesenian Daerah Kabupaten Rokan Hilir, via email : dkdkecamatanbangko@gmail.com , atau Contact Person Panitia : Dika Ruslan (081268709825), Ismail Rachmat (081261780982), Riki (085264178034), Safri Julianto (082385492164)
kunjungi blog Dewan Kesenian Kecamatan Bangko :
  1. Dewan Juri dan Panitia tidak diperbolehkan terlibat secara langsung dalam proses penyutradaraan, dan melatih dan atau ada tendensi/kepentingan yang berdampak pada penilaian ataupun teknis pelaksanaan lomba .
K. KETENTUAN KHUSUS DESIGN POSTER FESTIVAL
a  Peserta diwajibkan mengirim design poster dalam format cdr atau psd pewarnaan bebas. (panitia tidak menerima design dalam format bentuk lain)
b.    Materi poster berkaitan langsung dengan materi (naskah) yang ditampilkan antara lain judul, karya…, nama grup, sutradara, peñata artistic, peñata music, pemain. serta gambar ilustrasi yang sepantasnya 
c.    Poster tidak mengandung unsur pornografi, anarki dan atau diluar batas kewajaran
d.    Ukuran poster 60 x 80 cm, portrait/landscape
e.    Design poster  wajib dikirim ke panitia paling lambat 2 (dua) minggu sebelum hari pelaksanaan festival atau tanggal 04 Februari 2017.
f.     Penyerahan design poster dapat melalui email : dkdkecamatanbangko@gmailcom atau langsung diserahkan ke panitia dalam bentuk Soft Copy pada saat TM – II, Tanggal 01 Februari 2017
g.    Poster akan dicetak oleh panitia dan dipamerkan di front room arena
h.    Tim Juri  memilih 1 (satu) design poster terbaik
i.                 Kriteria Penilaian : Originalitas Karya/Ide, Lay Out, Artistik , Makna dan Kesan yang ingin disampaikan.
j.               Poster yang telah diserahkan akan menjadi hak milik panitia.


PANITIA PELAKSANA
“FESTIVAL TEATER REMAJA SE ROKAN HILIR 2017

Ketua,

Ttd

DIKA RUSLAN
(B. Penelitian & Pengembengan)
Sekretaris,

Ttd

PUTRA ZIKO UTOMO
(Ketua B. Film)


Mengetahui,

Dewan Kesenian Daerah Kecamatan Bangko

Ttd

MUHAMMAD ZAIDI
Ketua Umum

Dewan Kesenian Daerah Kabupaten Rokan Hilir

Ttd 

Dra. Hj. SURYATI
Ketua Umum
CAMAT BANGKO

Ttd


H. JULIANDA, S.sos
NIP : 19740715200212006




KETENTUAN PELAKSANAAN
FESTIVAL TEATER REMAJA SE ROKAN HILIR 2017

( Dewan Kesenian Daerah Kecamatan Bangko )
A. LATAR BELAKANG
FESTIVAL TEATER REMAJA SE ROKAN HILIR 2017 lebih menitikberatkan padaw materi teater dengan jenis Drama/Lakon Realis untuk memberikan peluang dan kesempatan kepada seniman pemula dari kalangan pelajar untuk berkreasi dan menggarap naskah drama yang telah ditentukan panitia. 
B. TEMA
Tema kegiatan ini adalah Meningkatkan Kreatifitas Dalam Berseni
C.NAMA KEGIATAN
Kegiatan ini dinamakan ” Festival Teater Remaja Se Rokan Hilir ”.
D.WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 5 hari, yaitu
Hari                                      :  Sabtu
Tanggal                              :    04 Februari 2017
Waktu                                  :    08.00 s/d Selesai
Tempat                                :    Gedung Nasional Bagansiapiapi
(jumlah hari pelaksanaan disesuaikan dengan jumlah peserta definitif)
E.PESERTA DANUmumWAN JURI
1. Peserta Festival Teater Remaja Se Rokan Hilir 2017 adalah pelajar dan mahasiswa se Kabupaten Rokan Hilir yang mewakili sekolah / perguruan tinggi / Organisasi Seni (masing-masing sekolah/PT/Os mengirim 1 (satu) grup duta teater).
F.KRITERIA PENILAIAN
Penyajian 
·            Ide garapan
·            Tafsir Lakon/Naskah 
·            Kreativitas
·            Bentuk penyajian :
- Harmonisasi (kekompakan)
- Utinity (kesatuan)
·            Penampilan (kewajaran, keserasian)
Keaktoran dan keaktrisan ( Pemeranan )
·            Penghayatan
·            Tehnik vokal
·            Artikulasi (pengucapan)
Penataan artistic
·            Rias (make up) dan Busana
- Keserasian
- Kewajaran
·            Panggung
- Penggunaan property
- Optimalisasi property
·            Music Ilustrasi
- Kreativitas
- Harmonisasi (dinamika, kekompakan/balancing)
G.KETENTUAN UMUM LOMBA
1.Pendaftaran
a.  Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 200.000,- dan tidak bisa ditarik kembali jika calon peserta mengundurkan diri.
b.  Peserta dapat mendaftar dengan cara :
      I.                 Online
* uang pendaftaran dapat di transfer ke No. Rekening :
BRI Cabang Bagansiapiapi
-
Atas nama :
II.         Penyerahan Langsung
Di sekretariat Dewan Kesenian Daerah Kecamatan Bangko (Sementara) Jalan SGB Sekretariat Dewan Kesenian Daerah Kabupaten Rokan Hilir, via email : dkdkecamatanbangko@gmail.com , atau Contact Person Panitia : Dika Ruslan (081268709825), Ismail Rachmat (081261780982), Riki (085264178034), Safri Julianto (082385492164)
c.   Pendaftaran dibuka mulai tanggal 18 November 2016 –  18 Januari 2017 . (panitia tidak mentolerir pendaftaran melewati tanggal yang telah ditetapkan)
d.   Pada saat mendaftar calon peserta wajib menyerahkan
Ø  Formulir pendaftaran
Ø  Judul Naskah
Ø  Surat delegasi dari sekolah
Ø  Fotocopy kartu pelajar/mahasiswa bagi setiap pemain
Ø  Pas foto dengan ukuran 3 x 4 (warna) sebanyak dua lembar bagi setiap pemain
Ø  Identitas pemain, sutradara, dan crew
2. Technical Meeting dan Orientasi Panggung
a.    Peserta wajib mengirim utusan untuk menghadiri technical meeting Pendahuluan(TM - I) dengan membawa copy naskah 4 eksemplar pada Hari Rabu tanggal 31 Januari 2017 pukul 08.00 WIB DiSekretariat Dewan Kesenian Daerah Kabupaaten Rokan Hilir Jalan SGB Bagansiapiapi .
b.  Undian akan dilaksanakan pada saat technical meeting II Tanggal 01 Februari 2017 di Lokasi Apabila peserta tidak datang pada saat Technical Meeting II, maka jadwal pementasan ditentukan panitia dan tidak dapat diganggu gugat.
c.    Peserta wajib mengikuti Orientasi panggung pada H – 1 sebelum jadwal tampil sesuai nomor undi. di panggung Gedung Nasional Bagansiapiapi(peserta hanya diperkenankan orientasi panggung 1 (satu) hari sebelum jadwal tampil) mulai jam 08.30 s/d 15.00 WIB.
e.    Peserta wajib mematuhi hasil dari technical meeting dan mengikuti dengan seksama kegiatan orientasi panggung.
f.     Jumlah pemain pada setiap grup mengikuti jumlah pemain dalam naskah, dan jika diperlukan diperkenankan menambah maksimal 4 orang pemain di luar jumlah pemain dalam naskah.
g.    Jika terjadi perubahan/penggantian Judul Naskah yang di daftarkan, maka diperkenankan pada masing-masing grup untuk mengubah/mengganti ;  pada Batas akhir penyerahan naskah dan atau penggantian judul naskah tanggal 01 Februari 2017
3.Pelaksanaan lomba
I.        Naskah Bebas, Pilihan Sendiri yang memenuhi criteria kepantasan
II.       Penyajian Naskah digarap dengan konsep teater bebas
b.  Naskah dipersiapkan oleh peserta dan diserahkan ke panitia sebanyak 4 rangkap pada saat TM.I s/d paling lambat Tgl. 01 Februari 2017, penggarapan lakon mempertimbangkan unsur kepantasan dan pendidikan.
c. Durasi pementasan maksimal 60 menit, termasuk setting panggung dan persiapan lainnya.
4.   Perlombaan, Pengumuman, Penerimaan Trophy, dan Sertifikat
a. Berdasarkan penilaian, dewan juri akan diambil kategori terbaik, yaitu:
a.       Pemeran Utama Laki – Laki Terbaik

b.      Pemeran Utama Perempuan terbaik

c.       Pemeran Pembantu Terbaik ( I )

d.      Pemeran Pembantu Terbaik ( II )

e.       Pemeran Pembantu Terbaik ( III )

f.       Pemeran Pembantu Terbaik ( IV )

g.      Sutradara Terbaik

h.      Composer Terbaik

i.        Naskah Asli Terbaik

Penyaji Terbaik ( Juara Umum )berhak membawa Trophy Bergilir Dewan Kesenian Kecamatan Bangko  selama satu tahun
b. Keputusan Dewan Juri sifatnya mutlak dan dapat dipertanggungjawabkan serta tidak dapat di ganggu gugat.
c. Pengumuman pemenang dan pemberian hadiah serta sertifikat dilaksanakan pada ceremonial penutupan festival .

5.Fasilitas
Panitia menyediakan :
1.    Fasilitas Pentas/ Panggung
2.    Fasilitas administrasi
           a. ID Card untuk manager dan pendamping setiap grup
           b. Piagam Penghargaan Peserta untuk setiap juara kategori
           c. Nomor Penampil
3.    Fasilitas Dokumentasi : Cameraman dan Fotographer
4.    Setiap Group mendapatkan hasil dokumentasi dalam bentuk DVD audio visual yang telah melalui proses editing.
5.    Fasilitas Publikasi
a.             Pers
b.             Poster Festival
c.              Spanduk dan Baliho
       d.             Tentative Acara Festival
       e.             Blog ( dkdkecamatanbangko.blogspot.com )
f.              Facebook ( Dewan Kesenian Kecamatan Bangko )

H.TATA-TERTIB PELAKSANAAN LOMBA
a. Peserta dengan nomor undian dua dan seterusnya wajib hadir di tempat festival minimal 20 menit sebelum waktu tampil. Peserta yang belum hadir pada saat pemanggilan nomor undian akan didiskualifikasi.
b. Peserta didampingi oleh dua orang panitia untuk menuju ruang make-up dan ruang tunggu.
c. Peserta dilarang meninggalkan ruang tunggu tanpa seijin panitia.
d. Peserta dilarang menggunakan efek artistik berupa asap .
e. Pementasan tidak boleh mengandung unsur SARA, pornografi dan pornoaksi, mempertontonkan adegan merokok, serta melewati batas-batas norma kesusilaan.
f. Panitia tidak bertanggung jawab  atas barang bawaan peserta.
g. Durasi pementasan selama 45 menit dengan ketentuan:
Ø  Setting panggung dan peletakan alat musik akan dilakukan peserta dan dibantu panitia.
Ø  Pada posisi lighting terdapat satu pendamping.
Ø  Jika pementasan berakhir sebelum waktu yang disediakan panitia, maka pementasan akan dilanjutkan pada nomor undian selanjutnya.
Ø  Waktu istirahat digunakan untuk membersihkan area pementasan.
Ø  Pementasan akan dilaksanakan berurutan.
i.              Hal-hal yang belum tercantum akan diatur dalam technical meeting.
I.KETENTUAN LAIN-LAIN
  1. Panitia menyediakan fasilitas dokumentasi berbentuk CD film.
b.      Hal-hal yang belum jelas dapat ditanyakan Di sekretariat Dewan Kesenian Daerah Kecamatan Bangko (Sementara) Jalan SGB Sekretariat Dewan Kesenian Daerah Kabupaten Rokan Hilir, via email : dkdkecamatanbangko@gmail.com , atau Contact Person Panitia : Dika Ruslan (081268709825), Ismail Rachmat (081261780982), Riki (085264178034), Safri Julianto (082385492164)
kunjungi blog Dewan Kesenian Kecamatan Bangko :
  1. Dewan Juri dan Panitia tidak diperbolehkan terlibat secara langsung dalam proses penyutradaraan, dan melatih dan atau ada tendensi/kepentingan yang berdampak pada penilaian ataupun teknis pelaksanaan lomba .
K. KETENTUAN KHUSUS DESIGN POSTER FESTIVAL
a  Peserta diwajibkan mengirim design poster dalam format cdr atau psd pewarnaan bebas. (panitia tidak menerima design dalam format bentuk lain)
b.    Materi poster berkaitan langsung dengan materi (naskah) yang ditampilkan antara lain judul, karya…, nama grup, sutradara, peñata artistic, peñata music, pemain. serta gambar ilustrasi yang sepantasnya 
c.    Poster tidak mengandung unsur pornografi, anarki dan atau diluar batas kewajaran
d.    Ukuran poster 60 x 80 cm, portrait/landscape
e.    Design poster  wajib dikirim ke panitia paling lambat 2 (dua) minggu sebelum hari pelaksanaan festival atau tanggal 04 Februari 2017.
f.     Penyerahan design poster dapat melalui email : dkdkecamatanbangko@gmailcom atau langsung diserahkan ke panitia dalam bentuk Soft Copy pada saat TM – II, Tanggal 01 Februari 2017
g.    Poster akan dicetak oleh panitia dan dipamerkan di front room arena
h.    Tim Juri  memilih 1 (satu) design poster terbaik
i.                 Kriteria Penilaian : Originalitas Karya/Ide, Lay Out, Artistik , Makna dan Kesan yang ingin disampaikan.
j.               Poster yang telah diserahkan akan menjadi hak milik panitia.


PANITIA PELAKSANA
“FESTIVAL TEATER REMAJA SE ROKAN HILIR 2017

Ketua,

Ttd

DIKA RUSLAN
(B. Penelitian & Pengembengan)
Sekretaris,

Ttd

PUTRA ZIKO UTOMO
(Ketua B. Film)


Mengetahui,

Dewan Kesenian Daerah Kecamatan Bangko

Ttd

MUHAMMAD ZAIDI
Ketua Umum

Dewan Kesenian Daerah Kabupaten Rokan Hilir

Ttd 

Dra. Hj. SURYATI
Ketua Umum
CAMAT BANGKO

Ttd


H. JULIANDA, S.sos
NIP : 19740715200212006
FESTIVAL TEATER REMAJA SE ROKAN HILIR 2017 ( Dewan Kesenian Daerah Kecamatan Bangko )

FESTIVAL TEATER REMAJA SE ROKAN HILIR 2017 ( Dewan Kesenian Daerah Kecamatan Bangko )





KETENTUAN PELAKSANAAN
FESTIVAL TEATER REMAJA SE ROKAN HILIR 2017

( Dewan Kesenian Daerah Kecamatan Bangko )
A. LATAR BELAKANG
FESTIVAL TEATER REMAJA SE ROKAN HILIR 2017 lebih menitikberatkan padaw materi teater dengan jenis Drama/Lakon Realis untuk memberikan peluang dan kesempatan kepada seniman pemula dari kalangan pelajar untuk berkreasi dan menggarap naskah drama yang telah ditentukan panitia. 
B. TEMA
Tema kegiatan ini adalah Meningkatkan Kreatifitas Dalam Berseni
C.NAMA KEGIATAN
Kegiatan ini dinamakan ” Festival Teater Remaja Se Rokan Hilir ”.
D.WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 5 hari, yaitu
Hari                                      :  Sabtu
Tanggal                              :    04 Februari 2017
Waktu                                  :    08.00 s/d Selesai
Tempat                                :    Gedung Nasional Bagansiapiapi
(jumlah hari pelaksanaan disesuaikan dengan jumlah peserta definitif)
E.PESERTA DANUmumWAN JURI
1. Peserta Festival Teater Remaja Se Rokan Hilir 2017 adalah pelajar dan mahasiswa se Kabupaten Rokan Hilir yang mewakili sekolah / perguruan tinggi / Organisasi Seni (masing-masing sekolah/PT/Os mengirim 1 (satu) grup duta teater).
F.KRITERIA PENILAIAN
Penyajian 
·            Ide garapan
·            Tafsir Lakon/Naskah 
·            Kreativitas
·            Bentuk penyajian :
- Harmonisasi (kekompakan)
- Utinity (kesatuan)
·            Penampilan (kewajaran, keserasian)
Keaktoran dan keaktrisan ( Pemeranan )
·            Penghayatan
·            Tehnik vokal
·            Artikulasi (pengucapan)
Penataan artistic
·            Rias (make up) dan Busana
- Keserasian
- Kewajaran
·            Panggung
- Penggunaan property
- Optimalisasi property
·            Music Ilustrasi
- Kreativitas
- Harmonisasi (dinamika, kekompakan/balancing)
G.KETENTUAN UMUM LOMBA
1.Pendaftaran
a.  Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 200.000,- dan tidak bisa ditarik kembali jika calon peserta mengundurkan diri.
b.  Peserta dapat mendaftar dengan cara :
      I.                 Online
* uang pendaftaran dapat di transfer ke No. Rekening :
BRI Cabang Bagansiapiapi
-
Atas nama :
II.         Penyerahan Langsung
Di sekretariat Dewan Kesenian Daerah Kecamatan Bangko (Sementara) Jalan SGB Sekretariat Dewan Kesenian Daerah Kabupaten Rokan Hilir, via email : dkdkecamatanbangko@gmail.com , atau Contact Person Panitia : Dika Ruslan (081268709825), Ismail Rachmat (081261780982), Riki (085264178034), Safri Julianto (082385492164)
c.   Pendaftaran dibuka mulai tanggal 18 November 2016 –  18 Januari 2017 . (panitia tidak mentolerir pendaftaran melewati tanggal yang telah ditetapkan)
d.   Pada saat mendaftar calon peserta wajib menyerahkan
Ø  Formulir pendaftaran
Ø  Judul Naskah
Ø  Surat delegasi dari sekolah
Ø  Fotocopy kartu pelajar/mahasiswa bagi setiap pemain
Ø  Pas foto dengan ukuran 3 x 4 (warna) sebanyak dua lembar bagi setiap pemain
Ø  Identitas pemain, sutradara, dan crew
2. Technical Meeting dan Orientasi Panggung
a.    Peserta wajib mengirim utusan untuk menghadiri technical meeting Pendahuluan(TM - I) dengan membawa copy naskah 4 eksemplar pada Hari Rabu tanggal 31 Januari 2017 pukul 08.00 WIB DiSekretariat Dewan Kesenian Daerah Kabupaaten Rokan Hilir Jalan SGB Bagansiapiapi .
b.  Undian akan dilaksanakan pada saat technical meeting II Tanggal 01 Februari 2017 di Lokasi Apabila peserta tidak datang pada saat Technical Meeting II, maka jadwal pementasan ditentukan panitia dan tidak dapat diganggu gugat.
c.    Peserta wajib mengikuti Orientasi panggung pada H – 1 sebelum jadwal tampil sesuai nomor undi. di panggung Gedung Nasional Bagansiapiapi(peserta hanya diperkenankan orientasi panggung 1 (satu) hari sebelum jadwal tampil) mulai jam 08.30 s/d 15.00 WIB.
e.    Peserta wajib mematuhi hasil dari technical meeting dan mengikuti dengan seksama kegiatan orientasi panggung.
f.     Jumlah pemain pada setiap grup mengikuti jumlah pemain dalam naskah, dan jika diperlukan diperkenankan menambah maksimal 4 orang pemain di luar jumlah pemain dalam naskah.
g.    Jika terjadi perubahan/penggantian Judul Naskah yang di daftarkan, maka diperkenankan pada masing-masing grup untuk mengubah/mengganti ;  pada Batas akhir penyerahan naskah dan atau penggantian judul naskah tanggal 01 Februari 2017
3.Pelaksanaan lomba
I.        Naskah Bebas, Pilihan Sendiri yang memenuhi criteria kepantasan
II.       Penyajian Naskah digarap dengan konsep teater bebas
b.  Naskah dipersiapkan oleh peserta dan diserahkan ke panitia sebanyak 4 rangkap pada saat TM.I s/d paling lambat Tgl. 01 Februari 2017, penggarapan lakon mempertimbangkan unsur kepantasan dan pendidikan.
c. Durasi pementasan maksimal 60 menit, termasuk setting panggung dan persiapan lainnya.
4.   Perlombaan, Pengumuman, Penerimaan Trophy, dan Sertifikat
a. Berdasarkan penilaian, dewan juri akan diambil kategori terbaik, yaitu:
a.       Pemeran Utama Laki – Laki Terbaik

b.      Pemeran Utama Perempuan terbaik

c.       Pemeran Pembantu Terbaik ( I )

d.      Pemeran Pembantu Terbaik ( II )

e.       Pemeran Pembantu Terbaik ( III )

f.       Pemeran Pembantu Terbaik ( IV )

g.      Sutradara Terbaik

h.      Composer Terbaik

i.        Naskah Asli Terbaik

Penyaji Terbaik ( Juara Umum )berhak membawa Trophy Bergilir Dewan Kesenian Kecamatan Bangko  selama satu tahun
b. Keputusan Dewan Juri sifatnya mutlak dan dapat dipertanggungjawabkan serta tidak dapat di ganggu gugat.
c. Pengumuman pemenang dan pemberian hadiah serta sertifikat dilaksanakan pada ceremonial penutupan festival .

5.Fasilitas
Panitia menyediakan :
1.    Fasilitas Pentas/ Panggung
2.    Fasilitas administrasi
           a. ID Card untuk manager dan pendamping setiap grup
           b. Piagam Penghargaan Peserta untuk setiap juara kategori
           c. Nomor Penampil
3.    Fasilitas Dokumentasi : Cameraman dan Fotographer
4.    Setiap Group mendapatkan hasil dokumentasi dalam bentuk DVD audio visual yang telah melalui proses editing.
5.    Fasilitas Publikasi
a.             Pers
b.             Poster Festival
c.              Spanduk dan Baliho
       d.             Tentative Acara Festival
       e.             Blog ( dkdkecamatanbangko.blogspot.com )
f.              Facebook ( Dewan Kesenian Kecamatan Bangko )

H.TATA-TERTIB PELAKSANAAN LOMBA
a. Peserta dengan nomor undian dua dan seterusnya wajib hadir di tempat festival minimal 20 menit sebelum waktu tampil. Peserta yang belum hadir pada saat pemanggilan nomor undian akan didiskualifikasi.
b. Peserta didampingi oleh dua orang panitia untuk menuju ruang make-up dan ruang tunggu.
c. Peserta dilarang meninggalkan ruang tunggu tanpa seijin panitia.
d. Peserta dilarang menggunakan efek artistik berupa asap .
e. Pementasan tidak boleh mengandung unsur SARA, pornografi dan pornoaksi, mempertontonkan adegan merokok, serta melewati batas-batas norma kesusilaan.
f. Panitia tidak bertanggung jawab  atas barang bawaan peserta.
g. Durasi pementasan selama 45 menit dengan ketentuan:
Ø  Setting panggung dan peletakan alat musik akan dilakukan peserta dan dibantu panitia.
Ø  Pada posisi lighting terdapat satu pendamping.
Ø  Jika pementasan berakhir sebelum waktu yang disediakan panitia, maka pementasan akan dilanjutkan pada nomor undian selanjutnya.
Ø  Waktu istirahat digunakan untuk membersihkan area pementasan.
Ø  Pementasan akan dilaksanakan berurutan.
i.              Hal-hal yang belum tercantum akan diatur dalam technical meeting.
I.KETENTUAN LAIN-LAIN
  1. Panitia menyediakan fasilitas dokumentasi berbentuk CD film.
b.      Hal-hal yang belum jelas dapat ditanyakan Di sekretariat Dewan Kesenian Daerah Kecamatan Bangko (Sementara) Jalan SGB Sekretariat Dewan Kesenian Daerah Kabupaten Rokan Hilir, via email : dkdkecamatanbangko@gmail.com , atau Contact Person Panitia : Dika Ruslan (081268709825), Ismail Rachmat (081261780982), Riki (085264178034), Safri Julianto (082385492164)
kunjungi blog Dewan Kesenian Kecamatan Bangko :
  1. Dewan Juri dan Panitia tidak diperbolehkan terlibat secara langsung dalam proses penyutradaraan, dan melatih dan atau ada tendensi/kepentingan yang berdampak pada penilaian ataupun teknis pelaksanaan lomba .
K. KETENTUAN KHUSUS DESIGN POSTER FESTIVAL
a  Peserta diwajibkan mengirim design poster dalam format cdr atau psd pewarnaan bebas. (panitia tidak menerima design dalam format bentuk lain)
b.    Materi poster berkaitan langsung dengan materi (naskah) yang ditampilkan antara lain judul, karya…, nama grup, sutradara, peñata artistic, peñata music, pemain. serta gambar ilustrasi yang sepantasnya 
c.    Poster tidak mengandung unsur pornografi, anarki dan atau diluar batas kewajaran
d.    Ukuran poster 60 x 80 cm, portrait/landscape
e.    Design poster  wajib dikirim ke panitia paling lambat 2 (dua) minggu sebelum hari pelaksanaan festival atau tanggal 04 Februari 2017.
f.     Penyerahan design poster dapat melalui email : dkdkecamatanbangko@gmailcom atau langsung diserahkan ke panitia dalam bentuk Soft Copy pada saat TM – II, Tanggal 01 Februari 2017
g.    Poster akan dicetak oleh panitia dan dipamerkan di front room arena
h.    Tim Juri  memilih 1 (satu) design poster terbaik
i.                 Kriteria Penilaian : Originalitas Karya/Ide, Lay Out, Artistik , Makna dan Kesan yang ingin disampaikan.
j.               Poster yang telah diserahkan akan menjadi hak milik panitia.


PANITIA PELAKSANA
“FESTIVAL TEATER REMAJA SE ROKAN HILIR 2017

Ketua,

Ttd

DIKA RUSLAN
(B. Penelitian & Pengembengan)
Sekretaris,

Ttd

PUTRA ZIKO UTOMO
(Ketua B. Film)


Mengetahui,

Dewan Kesenian Daerah Kecamatan Bangko

Ttd

MUHAMMAD ZAIDI
Ketua Umum

Dewan Kesenian Daerah Kabupaten Rokan Hilir

Ttd 

Dra. Hj. SURYATI
Ketua Umum
CAMAT BANGKO

Ttd


H. JULIANDA, S.sos
NIP : 19740715200212006
FESTIVAL TEATER REMAJA SE ROKAN HILIR 2017 ( Dewan Kesenian Daerah Kecamatan Bangko )

FESTIVAL TEATER REMAJA SE ROKAN HILIR 2017 ( Dewan Kesenian Daerah Kecamatan Bangko )





KETENTUAN PELAKSANAAN
FESTIVAL TEATER REMAJA SE ROKAN HILIR 2017

( Dewan Kesenian Daerah Kecamatan Bangko )
A. LATAR BELAKANG
FESTIVAL TEATER REMAJA SE ROKAN HILIR 2017 lebih menitikberatkan padaw materi teater dengan jenis Drama/Lakon Realis untuk memberikan peluang dan kesempatan kepada seniman pemula dari kalangan pelajar untuk berkreasi dan menggarap naskah drama yang telah ditentukan panitia. 
B. TEMA
Tema kegiatan ini adalah Meningkatkan Kreatifitas Dalam Berseni
C.NAMA KEGIATAN
Kegiatan ini dinamakan ” Festival Teater Remaja Se Rokan Hilir ”.
D.WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 5 hari, yaitu
Hari                                      :  Sabtu
Tanggal                              :    04 Februari 2017
Waktu                                  :    08.00 s/d Selesai
Tempat                                :    Gedung Nasional Bagansiapiapi
(jumlah hari pelaksanaan disesuaikan dengan jumlah peserta definitif)
E.PESERTA DANUmumWAN JURI
1. Peserta Festival Teater Remaja Se Rokan Hilir 2017 adalah pelajar dan mahasiswa se Kabupaten Rokan Hilir yang mewakili sekolah / perguruan tinggi / Organisasi Seni (masing-masing sekolah/PT/Os mengirim 1 (satu) grup duta teater).
F.KRITERIA PENILAIAN
Penyajian 
·            Ide garapan
·            Tafsir Lakon/Naskah 
·            Kreativitas
·            Bentuk penyajian :
- Harmonisasi (kekompakan)
- Utinity (kesatuan)
·            Penampilan (kewajaran, keserasian)
Keaktoran dan keaktrisan ( Pemeranan )
·            Penghayatan
·            Tehnik vokal
·            Artikulasi (pengucapan)
Penataan artistic
·            Rias (make up) dan Busana
- Keserasian
- Kewajaran
·            Panggung
- Penggunaan property
- Optimalisasi property
·            Music Ilustrasi
- Kreativitas
- Harmonisasi (dinamika, kekompakan/balancing)
G.KETENTUAN UMUM LOMBA
1.Pendaftaran
a.  Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 200.000,- dan tidak bisa ditarik kembali jika calon peserta mengundurkan diri.
b.  Peserta dapat mendaftar dengan cara :
      I.                 Online
* uang pendaftaran dapat di transfer ke No. Rekening :
BRI Cabang Bagansiapiapi
-
Atas nama :
II.         Penyerahan Langsung
Di sekretariat Dewan Kesenian Daerah Kecamatan Bangko (Sementara) Jalan SGB Sekretariat Dewan Kesenian Daerah Kabupaten Rokan Hilir, via email : dkdkecamatanbangko@gmail.com , atau Contact Person Panitia : Dika Ruslan (081268709825), Ismail Rachmat (081261780982), Riki (085264178034), Safri Julianto (082385492164)
c.   Pendaftaran dibuka mulai tanggal 18 November 2016 –  18 Januari 2017 . (panitia tidak mentolerir pendaftaran melewati tanggal yang telah ditetapkan)
d.   Pada saat mendaftar calon peserta wajib menyerahkan
Ø  Formulir pendaftaran
Ø  Judul Naskah
Ø  Surat delegasi dari sekolah
Ø  Fotocopy kartu pelajar/mahasiswa bagi setiap pemain
Ø  Pas foto dengan ukuran 3 x 4 (warna) sebanyak dua lembar bagi setiap pemain
Ø  Identitas pemain, sutradara, dan crew
2. Technical Meeting dan Orientasi Panggung
a.    Peserta wajib mengirim utusan untuk menghadiri technical meeting Pendahuluan(TM - I) dengan membawa copy naskah 4 eksemplar pada Hari Rabu tanggal 31 Januari 2017 pukul 08.00 WIB DiSekretariat Dewan Kesenian Daerah Kabupaaten Rokan Hilir Jalan SGB Bagansiapiapi .
b.  Undian akan dilaksanakan pada saat technical meeting II Tanggal 01 Februari 2017 di Lokasi Apabila peserta tidak datang pada saat Technical Meeting II, maka jadwal pementasan ditentukan panitia dan tidak dapat diganggu gugat.
c.    Peserta wajib mengikuti Orientasi panggung pada H – 1 sebelum jadwal tampil sesuai nomor undi. di panggung Gedung Nasional Bagansiapiapi(peserta hanya diperkenankan orientasi panggung 1 (satu) hari sebelum jadwal tampil) mulai jam 08.30 s/d 15.00 WIB.
e.    Peserta wajib mematuhi hasil dari technical meeting dan mengikuti dengan seksama kegiatan orientasi panggung.
f.     Jumlah pemain pada setiap grup mengikuti jumlah pemain dalam naskah, dan jika diperlukan diperkenankan menambah maksimal 4 orang pemain di luar jumlah pemain dalam naskah.
g.    Jika terjadi perubahan/penggantian Judul Naskah yang di daftarkan, maka diperkenankan pada masing-masing grup untuk mengubah/mengganti ;  pada Batas akhir penyerahan naskah dan atau penggantian judul naskah tanggal 01 Februari 2017
3.Pelaksanaan lomba
I.        Naskah Bebas, Pilihan Sendiri yang memenuhi criteria kepantasan
II.       Penyajian Naskah digarap dengan konsep teater bebas
b.  Naskah dipersiapkan oleh peserta dan diserahkan ke panitia sebanyak 4 rangkap pada saat TM.I s/d paling lambat Tgl. 01 Februari 2017, penggarapan lakon mempertimbangkan unsur kepantasan dan pendidikan.
c. Durasi pementasan maksimal 60 menit, termasuk setting panggung dan persiapan lainnya.
4.   Perlombaan, Pengumuman, Penerimaan Trophy, dan Sertifikat
a. Berdasarkan penilaian, dewan juri akan diambil kategori terbaik, yaitu:
a.       Pemeran Utama Laki – Laki Terbaik

b.      Pemeran Utama Perempuan terbaik

c.       Pemeran Pembantu Terbaik ( I )

d.      Pemeran Pembantu Terbaik ( II )

e.       Pemeran Pembantu Terbaik ( III )

f.       Pemeran Pembantu Terbaik ( IV )

g.      Sutradara Terbaik

h.      Composer Terbaik

i.        Naskah Asli Terbaik

Penyaji Terbaik ( Juara Umum )berhak membawa Trophy Bergilir Dewan Kesenian Kecamatan Bangko  selama satu tahun
b. Keputusan Dewan Juri sifatnya mutlak dan dapat dipertanggungjawabkan serta tidak dapat di ganggu gugat.
c. Pengumuman pemenang dan pemberian hadiah serta sertifikat dilaksanakan pada ceremonial penutupan festival .

5.Fasilitas
Panitia menyediakan :
1.    Fasilitas Pentas/ Panggung
2.    Fasilitas administrasi
           a. ID Card untuk manager dan pendamping setiap grup
           b. Piagam Penghargaan Peserta untuk setiap juara kategori
           c. Nomor Penampil
3.    Fasilitas Dokumentasi : Cameraman dan Fotographer
4.    Setiap Group mendapatkan hasil dokumentasi dalam bentuk DVD audio visual yang telah melalui proses editing.
5.    Fasilitas Publikasi
a.             Pers
b.             Poster Festival
c.              Spanduk dan Baliho
       d.             Tentative Acara Festival
       e.             Blog ( dkdkecamatanbangko.blogspot.com )
f.              Facebook ( Dewan Kesenian Kecamatan Bangko )

H.TATA-TERTIB PELAKSANAAN LOMBA
a. Peserta dengan nomor undian dua dan seterusnya wajib hadir di tempat festival minimal 20 menit sebelum waktu tampil. Peserta yang belum hadir pada saat pemanggilan nomor undian akan didiskualifikasi.
b. Peserta didampingi oleh dua orang panitia untuk menuju ruang make-up dan ruang tunggu.
c. Peserta dilarang meninggalkan ruang tunggu tanpa seijin panitia.
d. Peserta dilarang menggunakan efek artistik berupa asap .
e. Pementasan tidak boleh mengandung unsur SARA, pornografi dan pornoaksi, mempertontonkan adegan merokok, serta melewati batas-batas norma kesusilaan.
f. Panitia tidak bertanggung jawab  atas barang bawaan peserta.
g. Durasi pementasan selama 45 menit dengan ketentuan:
Ø  Setting panggung dan peletakan alat musik akan dilakukan peserta dan dibantu panitia.
Ø  Pada posisi lighting terdapat satu pendamping.
Ø  Jika pementasan berakhir sebelum waktu yang disediakan panitia, maka pementasan akan dilanjutkan pada nomor undian selanjutnya.
Ø  Waktu istirahat digunakan untuk membersihkan area pementasan.
Ø  Pementasan akan dilaksanakan berurutan.
i.              Hal-hal yang belum tercantum akan diatur dalam technical meeting.
I.KETENTUAN LAIN-LAIN
  1. Panitia menyediakan fasilitas dokumentasi berbentuk CD film.
b.      Hal-hal yang belum jelas dapat ditanyakan Di sekretariat Dewan Kesenian Daerah Kecamatan Bangko (Sementara) Jalan SGB Sekretariat Dewan Kesenian Daerah Kabupaten Rokan Hilir, via email : dkdkecamatanbangko@gmail.com , atau Contact Person Panitia : Dika Ruslan (081268709825), Ismail Rachmat (081261780982), Riki (085264178034), Safri Julianto (082385492164)
kunjungi blog Dewan Kesenian Kecamatan Bangko :
  1. Dewan Juri dan Panitia tidak diperbolehkan terlibat secara langsung dalam proses penyutradaraan, dan melatih dan atau ada tendensi/kepentingan yang berdampak pada penilaian ataupun teknis pelaksanaan lomba .
K. KETENTUAN KHUSUS DESIGN POSTER FESTIVAL
a  Peserta diwajibkan mengirim design poster dalam format cdr atau psd pewarnaan bebas. (panitia tidak menerima design dalam format bentuk lain)
b.    Materi poster berkaitan langsung dengan materi (naskah) yang ditampilkan antara lain judul, karya…, nama grup, sutradara, peñata artistic, peñata music, pemain. serta gambar ilustrasi yang sepantasnya 
c.    Poster tidak mengandung unsur pornografi, anarki dan atau diluar batas kewajaran
d.    Ukuran poster 60 x 80 cm, portrait/landscape
e.    Design poster  wajib dikirim ke panitia paling lambat 2 (dua) minggu sebelum hari pelaksanaan festival atau tanggal 04 Februari 2017.
f.     Penyerahan design poster dapat melalui email : dkdkecamatanbangko@gmailcom atau langsung diserahkan ke panitia dalam bentuk Soft Copy pada saat TM – II, Tanggal 01 Februari 2017
g.    Poster akan dicetak oleh panitia dan dipamerkan di front room arena
h.    Tim Juri  memilih 1 (satu) design poster terbaik
i.                 Kriteria Penilaian : Originalitas Karya/Ide, Lay Out, Artistik , Makna dan Kesan yang ingin disampaikan.
j.               Poster yang telah diserahkan akan menjadi hak milik panitia.


PANITIA PELAKSANA
“FESTIVAL TEATER REMAJA SE ROKAN HILIR 2017

Ketua,

Ttd

DIKA RUSLAN
(B. Penelitian & Pengembengan)
Sekretaris,

Ttd

PUTRA ZIKO UTOMO
(Ketua B. Film)


Mengetahui,

Dewan Kesenian Daerah Kecamatan Bangko

Ttd

MUHAMMAD ZAIDI
Ketua Umum

Dewan Kesenian Daerah Kabupaten Rokan Hilir

Ttd 

Dra. Hj. SURYATI
Ketua Umum
CAMAT BANGKO

Ttd


H. JULIANDA, S.sos
NIP : 19740715200212006

Labels

Facebook

Search This Blog

Random Posts

Recent Posts

Recent in Sports

Header Ads

test

Labels

KLIKOKE

Smartphones

RUANGBACA

Author Name

Recent Reviews

Produk Lainnya

Subscribe Us

Produk Terlaris

Fakta Mengejutkan Tentang Dajjal yang Tidak Diketahui

Dajjal merupakan tokoh yang sangat penting pada masa akhir zaman nanti. Bahkan, sebagaimana yang dijelaskan oleh Baginda Nabi Muhammad SAW, ia termasuk salah satu daripada tanda besar menjelang hari kiamat. Artinya, apabila Dajjal sudah muncul di hadapan manusia ramai, itu pertanda bahwa kiamat tidak akan lama lagi terjadi. Pertanyaannya sekarang, siapakah sebenarnya Dajjal? Sebelum membaca lebih lengkap, ada baiknya Anda menonton dulu video di bawah ini. Video ini mengabarkan bahwa seorang pemuda yang kelak akan dibunuh oleh Dajjal telah lahir di Palestina. Semoga Allah melindungi kita dari fitnah Dajjal. Daftar Isi  [ hide ] 1  Biografi Dajjal 1.1  Ciri-ciri Fisik Dajjal 1.2  Lokasi, Kemunculan dan Tempat Persinggahannya 1.3  Para Pengikut Dajjal 1.4  Fitnah dan Kemampuan Dajjal 1.5  Kematian Dajjal 2  Cara Menangkal Fitnah Dajjal Biografi Dajjal kabarmakkah.com Dajjal adalah makhluk Allah yang masih dalam kategori keturunan Nabi Adam as alias manusia. Sehingga, teori-teori atau duga
[blogger]